1. Komponen [kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
a. Percobaan 3
a. a. Kenapa pada percobaan 3,kaki lcd hanya digunakan kaki D4-D7 dan jelaskan alasannya
Jawab
:
kenapa
hanya mengunakan pin D4 – D7 LCD dikarenakan kita hanya mengunakan mode 4 bit
saja sehingga kita tidak membutuhkan banyak pin untuk dihubungkan ke pin analog
dari Arduino.
b.
Apa fungsi kaki RS, RW dan E pada LCD
Jawab
:
Kaki
RS(Register Select) berfungsi sebagai indikator yang memberikan
perintah data / logika pada LCD. Logika 0 ( Low) digunakan untuk menunjukkan
register perintah sedangkan logika 1 ( High) digunakan untuk menunjukkan
register data
Kaki
R/W Biasanya perintah nya akan disinkronkan dengan perintah dari RS seperti yang
mana fungsinya memberikan intruksi pada suatu modul apakah modul tersebut dalam
mode baca atau berlogika high (1) / mode tulis atau berlogika Low (0).
Kaki Enable (E) biasanya berfungsi sebagai clock / pengunci dari LCD sehingga jika kita mengunakan 4 bit (hanya D4-D7 yang disambungkan) maka membutuhkan 2 siklus enable.
c.
Pada listing program terdapat syntax “
lcd.setCursor(1,2)” apa maksudnya?
Jawab
:
Maksud
lcd.setCursor(1,2) adalah posisi kita melatakkan tulisan yang diinput pada
keypad atau pengaturan untuk meletakkan tulisannya. Sedangkan maksud
(1,2) adalah meletakkan cursor pada kolom 1 di baris 2. jadi 1 maksudnya adalah
kolom ke 2 karena microcontroller apa saja menghitung dari 0.
Download Rangkaian Simulasi [ ]
Download Video Praktikum [ ]
Download Program Arduino [ ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar